Teuku Arpha

Laki-laki, 30 tahun

Aceh, Indonesia

Jangan terlalu bergantung pada orang-lain karna bayanganmu sendiri saja (dapat) meninggalkanmu saat kamu  ada di kegelapan.
: :
Start
Komunitas Website Aceh
Shutdown (pue mate)

Navbar3

komunitas web aceh

Rabu, 17 April 2013

Al Jazari, Si Bapak Robot

ANDA tentu terkagum-kagum dengan kemajuan teknologi robot yang semakin hari semakin canggih. Buah kreativitas para ilmuan ini telah banyak membantu pekerjaan manusia, terutama untuk hal-hal yang cukup berisiko bagi keselamatan jiwa.

Kekaguman Anda saat ini atas teknologi robot, tentu cukup beralasan di zaman yang serba canggih saat ini. Namun, tahukan Anda bahwa sejak abad ke-13 dunia Islam sudah mengenal kemajuan teknologi robot. Sebuah mesin robot telah tercipta dari tangan seorang ilmuan muslim cerdas, bernama Abu al-’Iz Ibn Isma’il ibn al-Razaz al-Jazari (1136-1206). Ia berasal dari Utara Mesopotamia, kawasan utara Irak dan timur laut Syiria. Al Jazari juga mampu menciptakan robot yang mirip manusia.

Ia juga menulis Kitab Fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.

Kemampuan menciptakan robot yang dimiliki Al Jazari lebih dulu unggul dibandingkan tokoh barat, Leonardo Da Vinci yang baru merancang pembuatan robot pada 1478. Karena itulah, Al Jazari pun dijuluki sebagai “Bapak Robot”

Salah satu mesin robot terkenal buatan Al Jazari adalah mesin yang berbentuk sebuah perahu. Perahu itu terapung di sebuah danau dan ditumpangi empat robot pemain musik.

Masing-masing robot pemain musik punya tugas penting. Ada yang berperan sebagai penabuh drum sebanyak dua orang. Ada juga yang meniup harpa dan suling. Canggih!

Mereka semua itu diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam acara jamuan minum.

Sebagai robot pemain musik, tentu saja, mereka pun ahli menghasilkan suara musik yang indah. Misalnya saja, robot penabuh drum ciptaannya, dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda. Jadi, robot itu pun bermain musik seperti manusia sungguhan!

Nah, penemuan penting lainnya dari ilmuwan yang bernama lengkap Ibnu Al Jazari adalah pencuci tangan otomatis. Keran yang otomatis keluar air tanpa harus diputar, berkat penemuan bapak robot inilah cara kerja keran otmatis itu ada hingga saat ini.

Sistem pencuci tangan yang dikembangkan Al Jazari itu juga digunakan saat ini dalam sistem kerja toilet moderen. Robot ini berbentuk seorang wanita yang berdiridengan sebuah baskom terisi air.

0 komentar :

Terimakasih sudah mau berkunjung ke mari...dan jangan lupa bisa juga anda mengunjungi website dibawah ini !!!

http://syifa.vv.si/
http://sman1seulimeum.grn.cc
http://masyittah.0zed.com/
http://www.sman1seulimeum.fii.me/
http://syifa.0zed.com/
http://masyittah.bugs3.com/
http://masyittah.p.ht/
http://masyittah.3owl.com/
http://labuhanhaji.yzi.me/
http://sman1seulimeum.0fees.net/
http://sigli.3owl.com/
http://kpbaru.3owl.com/
http://lembahbaru.3owl.com/
http://www.downloadgamegratis.vv.si/
http://samratulasysyifa.blogspot.com/
http://arphanet.wordpress.com/
http://sman1seulimeumblog.wordpress.com/
http://www.syifa.asli.ws/

Terimakasih